Thursday, April 16, 2009

Kamus Istilah-Istilah Blogosphere (1)

Banyak yang saya dapatkan setelah saya mulai aktif di dunia blog atau juga disebut blogosphere. Selain teman-teman baru yang baik-baik saya juga mendapatkan banyak ilmu yang sangat bermanfaat dan tentunya tidak saya dapatkan sebelum saya aktif di blogosphere ini. Nah salah satunya adalah saya mulai kenal banyak istilah-istilah internet dan istilah-istilah blog. Mulai apa makna blog itu sendiri sampai segala sesuatu yang berhubungan dengannya.

Kali ini saya akan berbagi sedikit apa saja istilah-istilah penting dunia internet atau blogosphere. Mungkin bagi teman-teman blogger yang sudah senior dan mahir istilah-istilah berikut adalah hal yang enteng dan sudah di luar kepala, tapi bagi yang baru belajar seperti saya hal ini mungkin bisa membantu aktifitas blogging anda.

Berikut istilah-istilah dalam dunia blog:


Back Link: link yang pada halaman lain yang menuju kehalaman website atau blog tertentu. Contohnya saya dapat backlink dari blog teman saya yang telah masang link saya di blognya. Jika ingin mendapatakan backlink, tukeran link bisa jadi pilihan.

HTML: atau juga Hypertext Markup Languange adalah standarisasi dari kode bahasa komputer yang merupakan sumber dari dokumen web, dibentuk dengan kode teks, gambar, link ke dokumen lainnya, ada juga dalam bentuk aplikasi lain seperti suara, gambar bergerak dan lain-lain).

Javascript: bahasa pemrograman yang sederhana untuk membuat interaktifitas pada halaman website atau blog.

Keyword: suatu kata pencarian yang digunakan untuk mencari data di search engine. Biasanya teknik SEOnya para blogger salah satunya adalah nembak keyword. Dimana dalam setiap postingan sengaja mencantumkan keyword-keyword populer.

Link: url (istilah url dibagian bawah) yang menempel pada suatu dokumen.

Page Rank: rangking sebuah halaman websire/blog yang diberikan oleh Google. Seperti pada sidebar blog ini terdapat blog saya mendapatkan Page Rank 2 untuk saat ini. Page Rank mulai 0-10 semakin besar angkanya, semakin besar juga tingkat kepopulerannya.

Plug-In: aplikasi yang ditempelkan pada aplikasi lainnya. Dalam setiap website atau blog yang bisa memutar suara atau film, biasanya menggunakan plugin.

Ping (Packet Internet Grouper): berfungsi untuk memberitahu layanan-layanan yang berhubungan dengan blog, bahwa kita baru menambah atau mengupdate konten blog kita. Bisanya setelah update blog saya ping ke technorati atau layanan-layanan lainnya.

RSS Feed: atau juga dari Really Simple Synecationm file yang berbasis XML yang digunakan untuk sindikasi isi artikel. Seperti pada sidebar blog ini untuk menapilan update tulisan terbaru saya menggunakan RSS feed.

SEO: atau juga Search Engine Optimization adalah pemanfaatan kinerja search engine yang dikaitkan dengan usaha untuk mempromosikan suatu situs melalui layanan mereka. Nembak keyword adalah salah satu teknik SEO.

Spam: tindakan atau teknik yang melanggar ketentuan yang telah ditetapkan pada ketentuan penyedia layanan search engine. Seperti pengiriman pesan tidak penting yang sengaja dikirim massal.

URL: atau juga Uniform Resource Locator adalah alamat unik dari suatu dokumen di halaman web. Seperti url blog ini http://www.ibnuanshari.com

XHTML: atau juga Extensible Hypertext Markup Language. Gabungan dari dari HTML dan XML yang bersifat lebih universal diterima pada halaman web serta pengolahan bagi search engine dibandingkan XML saja.

XML: atau juga Extensible Markup Language. Lebih berguna dibandingkan dengan yang lain untuk pengolahan halaman website atau blog yang dikaitkan dalam database serta aplikasi lainnya.

Mohon koreksinya jika ada yang salah!!!
Terimakasih Kepada:
Google & Yahoo Secrets! : Jack Febrian
Wikipedia
Serta semua blog-blog sahabat yang tidak bisa disebutkan satu persatu yang telah membantu saya dalam aktifitas saya sebagai seorang blogger newbie.

63 comments:

  1. pertamax..


    kalu pertamax artinya apaan?? kok gak dicantumin.. qiqiqiiqiq :p

    ReplyDelete
  2. semakin lama sampean ngeblog maka akan semakin aneh istilah2nya...seperti kiwot, benwit deelel..
    salam kenal :D

    ReplyDelete
  3. mantap nih bisa menjadi pencerahan bagi blogger newbie seperti saya ini :D

    ReplyDelete
  4. Kayaknya ga ada yang perlu dikoreksi lagi deh. Ditunggu nih postingan selanjutnya.

    ReplyDelete
  5. sip, nice info mas, sangat berguna untuk pembendaharaan blogger yang awaw sperti saia, ditunggu info mantabb selanjutnya

    ReplyDelete
  6. kang, yang RSS di atas salah ketik kali ya: Really Simple Synecationm (Syndication) :)

    ReplyDelete
  7. terimakasih pak infonya... karena diriku itu gaaptek... jadi sangat penting info ini bagi pemula seperti diriku
    dah gaptek.... pemula pula
    kasian ya diriku

    ReplyDelete
  8. Karna ada tulisan angka 1, berarti ditunggu bagian 2.

    ReplyDelete
  9. Nb: kok link blog saya belum dipasang mas?
    Silakan dicek di 'Tukar Link', saya sudah kasih komen.
    Dan link blog ini sudah terpasang di bi2t.com bagian tab 'Link'.
    Thx

    ReplyDelete
  10. masih ada lanjutannya yah mas.. ditunggu kelanjutannya he..he..

    ReplyDelete
  11. Tidak salah aku mengikuti blog ini.

    Banyak pencerahannya.
    Kalau ada yang nanya, tinggal kasih link ke sini.
    Selesai.

    TFS

    Salam

    ReplyDelete
  12. istilah2 yang familiar tapi terkadang kita gak tau artinya apa...hehehehe...

    *ini maksudnya aku loh mas ^_^ *

    ReplyDelete
  13. Muantap rasanya... Sruput... Sruput... Sruput...

    ReplyDelete
  14. Sip, perlu juga nih gini2an. THanks ya kang Sehari.

    ReplyDelete
  15. bagus nih buat tambah pengetahuan

    ReplyDelete
  16. nice info :D

    *btw, sha emank bneran guru SMK ,,
    muridd" sha uda tauu smua kok ttg blog shaa !
    lagyann sha jg ngajjarin mreka utk blogging !

    hheu ;))

    ReplyDelete
  17. ada juga nih yg saya belum tau...baca disini jadi tau..thx

    ReplyDelete
  18. dilengkapi selengkap-lengkapnya, jadikan ebook, upload ke ziddu; 5 tahun ke depan dollar sudah menumpuk-numpuk; percayalah...

    ReplyDelete
  19. Weh ilmu yang bermanfaat nih buat referensi

    ReplyDelete
  20. sumpah aq tu masih bingung ma namnya SEO...mang cara menggunakanya gmana and manfaatnya apa....

    ReplyDelete
  21. tak kiro mau istilah koyok CMIIW, IMHO, pertamax dan keluarganya yang lainnya bos...

    ReplyDelete
  22. hm... baru tau aku arti dari XML, hehe

    ReplyDelete
  23. knapa gag sekalian aja bro
    pake bagian ke 1,2,dst

    ReplyDelete
  24. benar juga pertamax ngga ada istilahnya nich mas

    ReplyDelete
  25. feedburner kok nggak dimasukkan mas..? :)

    ReplyDelete
  26. feedburner kok nggak dimasukkan mas..? :)

    ReplyDelete
  27. kunjungan perdana makasih infonya. untuk urusan back link aku kok blom faham ya. tukeran link gimana sih. maklum newbie

    ReplyDelete
  28. wah, kalo kata2 plesetannya gak dicantumin juga mas...?

    ditunggu artikel lanjutannya.... :)

    ReplyDelete
  29. wah, bagus juga nih istilah-istilahnya, kadang-kadang kan suka lupa juga, thanks info nya.

    ReplyDelete
  30. Ditunggu edisi lanjutannya Mas.. ;-)

    ReplyDelete
  31. wow... kreatip. masih banyak yang belum kayaknya
    photoblogging
    Header
    Footer
    Copyright.
    Sidebar
    kategori
    komentar
    Captcha
    moderasi
    mmm.. apa lagi ya :)
    Spam.
    Permalink
    Tags
    Blogroll
    Template
    Dashboard
    Archives
    widget
    gallery
    adsense
    avatar

    ReplyDelete
  32. wah perlu ada seri dua nih mas tulisannya. apalagi buat sy yg bener2 awam ini

    ReplyDelete
  33. memang banyak manfaat ngeblog yg akan kita dptkan..

    ReplyDelete
  34. mantep infonya sob,tengkiuuuuuu

    ReplyDelete
  35. hehehe
    saya masih baru ngeblog
    jadi memang istilah2nya belum paham

    makasih ya bro :)

    ReplyDelete
  36. Informatif banget mas postingannya, thanks ya

    ReplyDelete
  37. mantap ma kepikiran jg ngumpulin kata2 di blogsphere..

    :)

    ReplyDelete
  38. MAu tanya nih Om....kalo INSPIRASIPAKDE artinya apa?

    Thanks untuk kunjungann7ya brow....salam saya

    ReplyDelete
  39. hmm kamus yg sederhana...isinya jua dikit tapi cukuplah hehehe untuk membntu ngeblog :D

    ReplyDelete
  40. wewwwww bermanpaat banget nieee


    makasih udah bagi bagi ilmu

    ReplyDelete
  41. Emang bener yang dikatakan Masnya ... kita semakin tahu istilah-istilah yang ebelumnya belum ngerti ... tapi klu akau semakin tahu banyak malalah juga semakin bingung ...

    ReplyDelete
  42. bahas istilah chatting juga bro biar lengkap hehhe

    ReplyDelete
  43. kebetulan kul jurusan komputer,
    jadi sedikit banyak paham betul pengertian dan tata cara penggunaan istilah bersangkutan.

    ReplyDelete
  44. walah, saya malah ndak tahu istilah dan silsilah aselinya mas, tau kependekannya doang, kepanjangannya kadang - kadang aja tau jee :D

    ReplyDelete
  45. Wah benar2 kreatif banget
    tq infonya mas...:D

    ReplyDelete
  46. wah nice info neh oom... saya nggak pernah ngapalin satu2.. jadi nggak tahu artinya.. sekarang jadi tahu deh neh... thx ya....

    ReplyDelete
  47. lah kalo petromax, solar, bensin, premium apaan xxixiixixiixx

    ReplyDelete
  48. wah masih banyak yang ga kesebut di sini..

    ReplyDelete
  49. nice info, saya masih belum tahu tentang PLURK dan TWIST.. bisa tolong dijalskan?

    ReplyDelete
  50. lagi-lagi saya cuma bisa copy paste buat arsip. Makasih infonya, jelas dan lugas

    ReplyDelete
  51. saya setuju ama komentator pertamaxxx....

    ReplyDelete
  52. wahh,, nice info buat blogger pemula seperti saya...

    bdewe, salam kenal mas dari Solo...

    ReplyDelete
  53. saya baru tau kepanjangan dari 'ping' ya disini ini :)

    ReplyDelete
  54. ada yang lebih lengkap lagi? maklum masih nubie :mrgreen: salam kenal

    ReplyDelete

Setelah membaca tulisan di atas, jangan lupa tulis komentarnya yaaaa
Terima Kasih....

PENGUMUMAN!!! Kunjungi juga ya blog saya yang baru di http://rusabawean.com