Saturday, May 2, 2009

SEO dan Internet Marketing Ala Adrian Tarigan

Hari ini (2/5) saya ikut berpartisipasi jadi peserta di seminar SEO dan Internet Marketing yang dibawakan oleh Adrian Tarigan, penulis dari cabikhosting.com. Seminar yang diadakan bareagan dengan acara besar National IT Expo 2009 (NIX 09) di Jatim International Expo Surabaya ini dimulai jam 11.30 dan selesai jam 13.30 WIB.

Sebelumnya saya belum pernah kenal dengan pembicaranya, saya cuman tahu dari brosur kalau beliau adalah penulis dari cabikhosting.com, mungkin karena memang beliau jam terbangnya di dunia internet marketing ya, makanya tidak pernah dengar namanya karena saya di blogosphere. Tapi saya tidak memperdulikan hal itu, saya hanya penasaran ingin merasakan bagaimana seminar yang membahas tentang SEO, karena penasaran akhirnya saya berpartisipasi dengan bayar Rp. 25.000 (karena maasiswa, umum Rp. 45.000).

Ternyata apa yang dibahas oleh Adrian Tarigan tentang SEO-SEO apa yang sudah banyak dibahas oleh teman-teman blogger, bahkan saya rasa SEO yang telah dijelaskan beliau adalah SEO dasar yang mungkin memang untuk pemula di dunia blogosphere atau internet marketing. Pembahasannya beliau tak jauh-jauh dari bahasan seperti
  • Search Engine, dan bagaimana agar top di Search Engine
  • Apa itu Google
  • Apa itu Alexa
  • Apa itu Yahoo!
  • Apa itu keyword
  • Bagaimana cara submit di Search Engine
  • Apa itu page Rank
  • Apa itu backlink
  • Apa itu Alexa Rank
jadi buat saya yang sudah banyak baca tutorialnya sahabat-sahabat blogger, apa yang disampaikan pembicara terasa ringan saja. (hehe maaf ya pak)

Tapi diluar itu semua tetap saya dapat ilmu yang sebelumnya belum saya dapatkan. Contohnya dan Apa itu Awstat. Awstats adalah tools yang berguna untuk analisis log statistik dari server kita seperti web, ftp, mail, wap, proxy dan streaming server. Jadi awstat ini membantu kita untuk melihat jumlah pengunjung situs/blog kita, aktivitasnya termasuk halaman yang dibuka, laporan atas kata kunci yang mereka gunakan pada mesin pencari hingga bisa masuk ke situs/blog kita, dan banyak lagi laporan lainnya yang bisa kita gunakan untuk membantu kita memantau aktivitas keseluruhan situs/blog kita. Sayang untuk tools ini saya belum bisa memanfaatkan, soalnya iBnuanshari.com™ masih hosting gratisan di blogspot.

Bicara SEO dan Internet Marketing: Adrian Tarigan menjelaskan dengan serius

Kenyataan lain yang saya dapat dari beliau adalah tentang Alexa Rank. Sebelumnya saya selalu berfikir, kenapa ya blog ini pengunjungnya sehari sekitar berapa ribu pengunjung, tapi blog yang satunya tidak sampai ribuan pun rangking alexanya kok lebih kecil. Ternyata rangking alexa bergerak berdasarakan jumlah pertambahannya, bukan pada jumlah banyaknya pengunjung. Cara gampangnya gini, blog A pertambahan jumlah pengunjungnya sekitar 50 pengunjung, sedangkan blog B pertambahan pengunjungnya cuma 10 pengunjung. Jadi walaupun jumlah pengunjung keseluruhan dari blog A lebih sedikit dari blog B rank alexanya akan lebih bagus dari blog B.

Di akhir acara diisi sesi tanya jawab dan ditutup dengan bagi-bagi doorprize flash disk 2 GB. Untuk mendapatkan doorprize tersebut, peserta seminar harus bisa menjawab pertanyaan dari pembicara. Alhamdulillah, saya bisa menjawab di pertanyaan terakhir dan akhirnya bisa bawa pulang fash disk 2 GB.

Semoga ada acara-acara serupa berikutanya. Amin!!!

35 comments:

  1. di kampungku boro2 ada seminar macam gitu...
    itusebabnya ngeblog-ku sendirian, paling ditemani mbah Google untuk "seminar online" :)

    ReplyDelete
  2. itulah fungsi social media...diinternet semuanya pasti bisa...

    (Cara paling mudah bagi pemula dan berpengalaman mencoba bisnis internet.Daftar kemudian lakukan copy dan paste tanpa biaya apapun)

    http://www.tdwuniversity.com/launch/?id=32990

    ReplyDelete
  3. Thank's penjelasannya.... Wah lumayan tuh dapat flashdisk 2G

    ReplyDelete
  4. waaa keren sayang aku gak tau cobaaa aku tau aku bakal kesono,hehehe ktmu mas ibnu deh

    ReplyDelete
  5. Saya yang gak ikut seminar, ikut dapet ilmu nih
    Thanks mas sharingnya

    ReplyDelete
  6. wah... jadi mau ikut seminar...

    ReplyDelete
  7. di kampus saya kapannya ada seminar SEO

    ReplyDelete
  8. wehehehe... selamat dapet ilmu baru n flash disk nya ... kasih ke aku po'o .. (lmao)

    ReplyDelete
  9. nice info bro..
    thank's for share..

    ReplyDelete
  10. wew... ribet ya mahamin istilah2 itu...
    yang penting flashdisk gratisan hihi....

    ReplyDelete
  11. Wah, gitu ya ternyata cara perhitungan rangking alexa. Alhamdulillah, setiap 3 hari sekali, rangking alexa saya makin naik (makin kecil maksudnya angkanya..hehe).

    Oya, untuk mentrack pengunjung kan bisa pake HISTATS mas? Lewat histats, kita bisa tau jumhlah pengunjung blog kita setiap harinya, berapa page-viewnya, dari mana ia mengakses blog kita, keyword apa yg digunakan, dan beberapa data lainnya. Tinggal login aja ke histats.

    ReplyDelete
  12. wah sy sudah mikir sampean pasti akan dapat flasdis nya mas, dan ternyta bener. Wah harusnya panitia ngasih minimal yg 8 GB biar manteb he..

    ReplyDelete
  13. wew.... selamat mas,,, dah dapat Flsdsk 2 Gb,,,,,
    hihihii..... walau.... info yg didapat.. telah mnjadi makanan sehari-hari... heehehe

    ReplyDelete
  14. wah, coba saya ada di sana :D

    ReplyDelete
  15. pengen ikut seminar model2 gini. Tapi sayang gak pernah punya duit buat beli tiketnya. Ada yg mo nraktir tiket seminar soal IT ga ya??eheheheh...

    ReplyDelete
  16. Wuih .. aku ketingggalan lagi ... kemarin di Hitech Mall ... blogger TPC ngada in seminar aku ketinggalan ... ini aku ketinggalan lagi ... wuih ape ... dech ...

    ReplyDelete
  17. wah.. sukses buat acaranya kemarin ya.. moga ada acara2 lagi...

    ReplyDelete
  18. makanya alexaku turun hiks hiks

    ReplyDelete
  19. alexa? bukannya itungannya tuh.. jumlah postingan berbanding lurus ama jumlah pengunjungnya? :D

    ReplyDelete
  20. Dijogja ada juga gak ya, kebetulan ada Nix juga nih :D

    ReplyDelete
  21. ga apa-apa deh, ilmunya bisa berguna bagi yang laen, yang masih pemula seperti aku deh

    ReplyDelete
  22. sepertinya acaranya menarik juga yah, mampu menambah wawasan para blogger dalam dunia blogging...

    ReplyDelete
  23. Blogq ganti alamat y!! http://www.gerlnich.co.cc
    Link nya d Ganti ya Nu..!!! d BlogRoll u

    ReplyDelete
  24. Maju terus....kapan ngadain di YK lage

    ReplyDelete
  25. Wah...asik banget tuh..dapat ilmu baru..dapaet flasdisk juga..hohoho..kapan yah di tempatku ada event beginian....

    ReplyDelete
  26. waduh keren nih, ayo main SEO :D

    ReplyDelete
  27. moga sukses selalu untuk acara2 selanjutnya

    ReplyDelete
  28. wah baru tahu yang tntang Alexa.. apa betul begitu ya?? :)

    ReplyDelete
  29. hhmm pantes rank Alexa saya terjun bebas terus hihihii tapi gpp, saya lagi mengusahakan buat naik lagi

    ReplyDelete
  30. wah enak ada acara seminar kayagitu
    sekalian kopdar dan kenalan sesama blogger

    ReplyDelete
  31. @munawar: waaah, saya mau menemani bapak ngenet, ahahahha...

    wow, ngono i... gak sms disik, gak ngajak-ngajak... huhuehue... wow, selamat wis entuk fleshdisk gratis!!

    ReplyDelete
  32. yup...

    saya sendiri juga belum pernah nama itu...,

    btw, saya belum pernah denger ada seminar kayak gini..

    ReplyDelete
  33. good info :)

    kalau mau tau lebih jelas lagi tentang SEo kunjungi aja situs http://www.seoampuh.com :) moga2 aja ada ilmu yang dapat anda manfaatkan

    ReplyDelete

Setelah membaca tulisan di atas, jangan lupa tulis komentarnya yaaaa
Terima Kasih....

PENGUMUMAN!!! Kunjungi juga ya blog saya yang baru di http://rusabawean.com